Jenis Modus Penipuan Mengatasnamakan, Bank dan Cara Mengatasinya

×

Jenis Modus Penipuan Mengatasnamakan, Bank dan Cara Mengatasinya

Bagikan berita
foto : cermati(dot)com
foto : cermati(dot)com
  1. Smishing

Adalah phishing melalui pesan elektronik/SMS, atau disebut juga SMS phishing.

Penipuan ini mengandung sebuah tautan atau link yang mengarah ke informasi palsu, berupa Contact Center palsu.

Permintaan data/informasi nasabah seperti nomor rekening bank, nama, dan spesimen tandatangan nasabah.

Baca juga : Biar Keren Saat Nongkrong, Ketahui Tebak-tebakan Bikin Emosi Temenmu

Berikut Cara Menghindarinya,

  1. Tidak Memberikan Data Pribadi Terkait Akun/Rekening Bank

Seperti: User ID, Password PIN, M-PIN, Nomor kartu kredit, ID, Passcode, PIN, Password (ATM, Kartu Kredit).

One Time Password (OTP), Nama orang tua (biasanya nama ibu kandung).

Kode kupon yang diterima melalui nomor handphone (jika pelaku mengaku mengirim kode tersebut dengan nomor tidak dikenal).

  1. Lakukan Pembaruan Data ke Pihak Bank

Setelah ditelpon atau di sms oleh nomor mencurigakan, bisa langsung menelpon call center bank kamu.

Untuk memblokir kartu debit atau kredit berjaga-jaga jika, secara tidak sadar kamu menyebutkan nomor rekening.

  1. Langsung Memblokir Nomor Telepon yang Mencurigakan
  2. Menggunakan Fitur Keamanan di Handphone
  3. Tidak Menggunakan Wi-Fi di Tempat Umum, ketika Melakukan Transaksi Perbankan.
  4. Mengaktifkan Fitur Keamanan Two Factor Authentication(2FA) adalah otentikasi dua faktor.

Biasanya dimiliki setiap platform, seperti email, aplikasi pesan, media sosial, situs belanja online, layanan digital perbankan, aplikasi dompet digital, dan sebagainya.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 3142
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini