6 Wisata Goa di IKN Kaltim untuk Healing Tahun Baruan, Nomor 4 Masuk Televisi?

×

6 Wisata Goa di IKN Kaltim untuk Healing Tahun Baruan, Nomor 4 Masuk Televisi?

Bagikan berita
Ilustrasi Tempat Wisata Goa di IKN wilayah Kaltim (foto: Canva)
Ilustrasi Tempat Wisata Goa di IKN wilayah Kaltim (foto: Canva)

4. Goa Sembat

Goa Sembat (foto: maratua island blogspot)
Goa Sembat (foto: maratua island blogspot)

Alamat Goa Sembat ada di wilayah Berau - Kalimantan Timur. Untuk sampai ke lokasi, kamu harus berjalan kaki sekitar 2 kilometer dari Desa Bohe Silian. Cukup jauh memang, tapi keindahannya tiada tara. karena terdapat beberapa fauna unik sepanjang perjalanan.

Saking viralnya, Goa Sembat pernah masuk televisi pada acara My Trip My Adventure. Bahkan, di dalamnya terdapat air yang tidak kalah jernih dan segar. Kamu bisa nikmati keasrian alam, dari setiap kunjungan. "Sangat mempesona," demikian keteranganya.

5. Goa Tapak Raja

Goa Tapak Raja (foto: Travel Kompas)
Goa Tapak Raja (foto: Travel Kompas)

Selanjutnya, Goa Tapak Raja yang beralamat di Desa Wonosari, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimaatan Timur dan dulunya sempat difungsikan sebagai lokasi pertapaan para raja pada zamannya.

Setelah zaman kerajaan, datang pula tokoh dari suku Paser sekitar tahun 1950an dan tinggal di sana untuk memperdalam ilmu kanuragan atau supranatural. Karena itu lah, masyarakat setempat percaya bahwa Goa Tapak Raja punya penunggu bernama Bea.

Ketika suku tersebut sudah pergi, tak ada lagi penghuni Goa Paser sampai seorang masyarakat dari Jawa berkunjung dan menjadikan lokasi terkait menjadi tempat wisata. Perlahan dilakukan pembangunan, sampai bisa kendaraan bermotor masuk.

Baru lah pada 2016, masyarakat setempat bergotong royong membuat jalan atas arahan Kepala Desa Kasiyono. Perencanaan terus berlanjut sampai 2017 dan pengerjaan tahun 2018, kemudian pembangunan dilakukan pada 2019 hingga 2020 resmi dibuka untuk umum.

Tapi karena kendala Covid-19, tempat wisata tersebut baru terkenal di kalangan pelancong pada Mei 2022. "Namanya 'Goa Tapak Raja' karena ada stalaktit bentuk tapak kaki manusia, dan di goa ini konon dulu dijadikan sebagai pertapaan pada masa kerjaan," kata kepala Desa Kasiyono kepada Kompas.

6. Goa Tapak Tangan

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini