Paus Dukung Aturan Yang Melegalkan Pasangan Sejenis.

×

Paus Dukung Aturan Yang Melegalkan Pasangan Sejenis.

Bagikan berita
Paus Fransiskus (foto : ist)
Paus Fransiskus (foto : ist)

"Ini adalah posisinya sebagai Uskup Agung Buenos Aires," kata Ivereigh. "Dia selalu menentang pernikahan untuk pasangan sesama jenis. Namun, dia percaya gereja harus mengadvokasi undang-undang persatuan sipil bagi pasangan gay untuk memberi mereka perlindungan hukum."

Di bawah doktrin Katolik saat ini, hubungan gay dianggap sebagai "perilaku menyimpang".

Di AS, Uskup Thomas Tobin dari Providence, Rhode Island, meminta klarifikasi lebih lanjut dari Vatikan dan mengatakan bahwa komentar Paus Fransiskus bertentangan dengan ajaran gereja tentang persatuan sesama jenis.

"Gereja tidak dapat mendukung penerimaan hubungan yang secara objektif tidak bermoral," kata Thomas dalam sebuah pernyataan.

"Individu dengan ketertarikan sesama jenis adalah anak-anak Tuhan yang terkasih dan harus memiliki HAM dan hak sipil mereka yang diakui dan dilindungi oleh hukum. Namun, legalisasi serikat sipil mereka, yang berusaha untuk mensimulasikan pernikahan suci, tidak dapat diterima," imbuhnya.

Baca juga : Ketua Kamar Militer MA, Sebut Ada Kelompok LGBT TNI Polri

Pada tahun 2003, badan doktrinal Vatikan, the Congregation for the Doctrine of the Faith, mengatakan bahwa "penghormatan terhadap kaum homoseksual tidak dapat mengarah pada persetujuan perilaku homoseksual atau pengakuan hukum atas persatuan sipil homoseksual".

Kata-kata yang kuat tetapi tidak ada tanda-tanda perubahan doktrin. Pernyataan itu telah memicu percakapan antara para pengamat Vatikan - dan menandai dukungan paling jelas Fransiskus untuk masalah tersebut sejak menjadi Paus.

Namun, apakah ini benar-benar perubahan fundamental yang dicetuskan oleh Paus - atau pernyataan spontan dari seorang pemimpin Gereja Katolik yang memang sudah terlihat bersentuhan dengan sentimen liberal di masa lalu, tapi selalu kembali pada doktrin tradisional ketika didorong untuk bertindak lebih tegas?

Sebagai uskup agung Buenos Aires sebelum menjadi Paus, dia adalah penentang kuat pernikahan gay, yang disahkan di Argentina pada 2010, dan sebaliknya menganjurkan persatuan sipil untuk pasangan homoseksual.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 1123
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini