UNICEF dan WHO Serukan Pemberian ASI Sejam 1 Setelah Lahir

×

UNICEF dan WHO Serukan Pemberian ASI Sejam 1 Setelah Lahir

Bagikan berita
ilustrasi ibu menyusui bayi yang baru lahir (foto: Ideogram AI)
ilustrasi ibu menyusui bayi yang baru lahir (foto: Ideogram AI)

“Menyusui sering disebut sebagai vaksin pertama bagi bayi karena memberikan semua nutrisi penting yang dibutuhkan bayi di bulan-bulan pertama kehidupannya," demikian keterangan Maniza Zaman dari UNICEF.

"ASI dapat melindungi mereka dari penyakit menular umum dan memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka, ada baiknya sang ibu melakukan sedari dini. Serta dukungan lingkungan sekitar juga perlu," jelasnya.

Selain konselor sebaya, perawat, bidan, konselor laktasi, atau penyedia layanan kesehatan lainnya, peran keluarga, petugas kesehatan, anggota masyarakat, dan tokoh masyarakat juga penting.

"WHO berkomitmen untuk mendukung Kementerian Kesehatan dalam mengintegrasikan bantuan menyusui ke dalam semua fasilitas perawatan ibu dan bayi baru lahir, guna memastikan bahwa setiap anak menerima awal kehidupan yang terbaik," kata Dr. N. Paranietharan.

Terbaru pada hari ini, mulai 1-7 Agustus 2024 akan diberlangsungkan Pekan Menyusui Sedunia. Tema yang diangkat yaitu, "“Menutup Kesenjangan: Dukungan Menyusui untuk Semua." (*)

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini