Ceramah Ramadhan 2024: Prinsip Beribadah dan Beramal dalam Islam

×

Ceramah Ramadhan 2024: Prinsip Beribadah dan Beramal dalam Islam

Bagikan berita
Ilustrasi Prinsip Beribadah dan Beramal dalam Islam (foto: Pexels/Thirdman)
Ilustrasi Prinsip Beribadah dan Beramal dalam Islam (foto: Pexels/Thirdman)

KLIKKORAN - Pada artikel ini, terdapat informasi terkait ceramah Ramadhan 1445H tahun 2024 ini dengan judul Prinsip Beribadah dan Beramal dalam Agama Islam.

Berdasarkan penjelasan Ustaz Rahmat Hidayat yang memberi ceramah saat Tarawih 13 Maret 2024 malam, ibadah harus dijadikan kebutuhan agar tidak memberatkan.

Jadi, kamu bisa membiasakan melakukan ibadah dan membuat aktivitas tersebut seolah seperti bagian dari keseharian yang tidak bisa ditinggalkan dengan mudah.

Apalagi, agama Islam tidak memberatkan umatnya dalam melaksanakan ibadah misal ketika kamu sakit tidak sanggup Sholat berdiri, maka boleh duduk atau berbaring.

Sesuai sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan HR. al-Bukhari [39] dan Muslim [2816]), "Sesungguhnya agama itu mudah dan selamanya tidak akan memberatkan seseorang, melainkan memudahkan."

Prinsip Beribadah dan Beramal dalam Islam

1. Berniat

Prinsip beribadah dan beramal dalam Islam yang pertama, ada dalam niat seseorang karena Allah SWT tidak melihat berapa banyak yang disedekahkan.

Tapi dari hati orang yang disedekahkan.

Maka, selalulah jaga hati dan jangan ria karena melakukan suatu kebaikan yang bisa membuat diri kita berdosa berdasarkan isi penggalan Q.S An-Nisa ayat 142 dengan maksud artinya di bawah ini.

"Sesungguhnya orang-orang munafik itu hendak menipu Allah SWT yang berdiri untuk salat, mereka melakukannya dengan malas dan bermaksud riya di hadapan manusia."

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini