Ternyata Ada Jenis Olahraga yang Beresiko Dilakukan, Apakah Bermanfaat Juga?

Ilustrasi Olahraga yang Beresiko bagi Tubuh (foto: Pexels)
Ilustrasi Olahraga yang Beresiko bagi Tubuh (foto: Pexels)

KLIKKORAN.COM - Berolahraga memang dikenal dapat menyehatkan tubuh, namun ternyata ada jenis aktivitas yang beresiko untuk dilakukan.

Jenis olahraga yang beresiko tersebut adalah CrossFit, meski demikian, beberapa gerakan yang dilakukan tentu juga ada manfaatnya bagi tubuh.

Pada artikel ini, akan dijabarkan terkait informasi manfaat dan resiko melakukan jenis olahraga CrossFit yang pada 2020 lalu disebut sebagai penyebab kematian selebriti.

Selebriti itu adalah Asraf Sinclair yang meninggal dunia karena serangan jantung, namun akun Instagramnya sering mempublikasikan kegiatan dirinya saat lakukan olahraga tersebut.

Meskipun pihak keluarga membantah tuduhan kematian Asraf Sinclair karena olahraga CrossFit, namun beberapa gerakannya memang lebih berat dan membutuhkan tenaga yang banyak saat melakukan.

Manfaat Jenis Olahraga CrossFit

Ilustrasi Olahraga CrossFit (foto: Pexels)
Ilustrasi Olahraga CrossFit (foto: Pexels)

Pertama, manfaat melakukan jenis olahraga CrossFit yaitu akan membentuk dan memperkuat jaringan otot serta sendi agar terus aktif bergerak hingga menjadikannya bertambah kuat melalui latihan intens.

Gerakan intens ini tentunya membuat tubuh lebih terbentuk, sehingga tingkat asupan oksigen dalam tubuh pun semakin tinggi. Metabolisme akan lancar, karena semua sel tubuh mendapatkan banyak energi.

Selanjutnya, ketangkasan dan keseimbangan serta fleksibilitas tubuh juga bertambah melalui aktivitas jongkok dan mengayunkan benda serta mengangkat beban berat hingga bantu tingkatkan kelincahan tubuh.

Tentu saja, gerakan tersebut dapat membakar kalori hingga 13-15an pada wanita dan 15-18an setiap menitnya. Menurut Alodokter, bahkan kalori tersebut akan terus terbakar meski setelah melakukan olahraga tersebut.

Halaman :
Shares
Berita Terkait

Berita Lainnya

Index