5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Pemula, Yuk Hidup Sehat Agar Panjang Umur

×

5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Pemula, Yuk Hidup Sehat Agar Panjang Umur

Bagikan berita
Ilustrasi Jenis Olahraga Bagi Pemula untuk Tingkatkan Harapan Hidup (foto: Canva)
Ilustrasi Jenis Olahraga Bagi Pemula untuk Tingkatkan Harapan Hidup (foto: Canva)

KLIKKORAN.COM - Pada artikel ini, akan dijabarkan informasi terkait 5 olahraga yang bisa dilakukan oleh pemula agar hidup sehat.

Seperti yang diketahui bahwa sehatnya hidup dapat menambah potensi umur lebih panjang, menurut publikasi artikel BBC News pada 2011 lalu.

"Penelitian menunjukkan bahwa dengan berolahraga 15 menit saja bisa meningkatkan harapan hidup sampai 3 tahun kedepan," demikian keterangannya.

Hal tersebut didasarkan pada penelitian para ilmuwan dari Institut Penelitian Kesehatan Nasional di Taiwan dengan judul jurnak kedokteran, The Lancet pada 400 ribu responden.

Berikut 5 jenis olahraga yang bisa dilakukan 15 menit sehari dan cocok diterapkan oleh pemula, agar dapat memperpanjang harapan hidup sehat sampai 3 tahun mendatang.

5 Jenis Olahraga Bagi Pemula untuk Perpanjang Harapan Hidup

1. Joging atau Lari

Ilustrasi Joging atau Lari (foto: Pexels)
Ilustrasi Joging atau Lari (foto: Pexels)

Pertama kamu bisa lakukan joging atau lari pelan hingga lari kencang selama 15 menit saja, tentu di awal kamu dapat pemanasan dulu seperti regangkan kaki dan tangan agar tidak gampang lelah.

Berikutnya, mulai berjalan kaki selama 5 menit dan diikuti dengan aktivitas lari kecil atau joging selama 10 menit. Kemudian baru lah, akhiri proses dengan meregangkan kaki serta tangan lagi sebelum beristirahat.

Sebagai saran, kamu dapat menerapkan pola joging atau pun lari ini saat sore hari karena dapat membantu tidurmu lebih nyenyak ketika malam. Sementara pada hari libur, kamu bisa ikuti acara Car Free Day di kota tempatmu berada di pagi harinya.

Jangan lupa untuk tidak mengurangi jatah minum air putih yang banyak, agar tubuhmu tidak dehidrasi dan tetap terpenuhi kebutuhan cairannya. Beberapa manfaat joging atau lari selain memperpanjang harapan hidup, yaitu dapat menambah berat bedan.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini