Ditjen Imigrasi dan Bank Mandiri: Tingkatkan Pelayanan Pemohon Golden Visa

Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim (Foto: Istimewa)
Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim (Foto: Istimewa)

KLIKKORAN.COM- Warga Negara Asing (WNA) yang mengajukan permohonan Golden Visa akan mendapatkan kemudahan baru dengan adanya kolaborasi antara Bank Mandiri dan Direktorat Jenderal Imigrasi.

Kerjasama ini ditandatangani pada Selasa (05/12/2023) kemarin, dengan tujuan mempermudah proses pembukaan rekening bank secara online untuk setoran jaminan keimigrasian dari negara asal pemohon.

Silmy Karim, Direktur Jenderal Imigrasi, menyampaikan bahwa layanan aplikasi Livin' by Mandiri untuk keimigrasian direncanakan akan diluncurkan pada Februari 2024 mendatang.

Golden Visa, sebagai bentuk izin tinggal selama 5 hingga 10 tahun untuk mendukung ekonomi nasional.

Selain itu juga mewajibkan pemegang visa tersebut untuk menginvestasikan dana di Indonesia, yang selanjutnya disimpan atau diendapkan di Bank Mandiri.

"Pembukaan rekening Bank Mandiri melalui aplikasi Livin' memungkinkan pemohon untuk langsung menyetorkan jaminan keimigrasian," tuturnya.

"Skema ini akan sangat membantu dalam memperlancar proses permohonan hingga penerbitan Golden Visa, bahkan dalam pemantauan dana pemegang Golden Visa untuk memastikan kepatuhan terhadap persyaratan, yang semuanya dikelola melalui sistem," paparnya.

Selain itu, Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, menyampaikan harapannya bahwa kemudahan dan keamanan bertransaksi yang ditawarkan akan meningkatkan kualitas layanan publik Ditjen Imigrasi kepada WNA, sekaligus menarik minat WNA untuk berinvestasi di Indonesia.

"Digitalisasi pada layanan publik harus terlaksana dengan optimal karena merupakan solusi untuk memfasilitasi dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, digitalisasi juga meminimalkan peluang terjadinya penyimpangan, yang menjadi kunci dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara yang semakin maju," sebutnya. (*)

Shares
Berita Terkait

Berita Lainnya

Index