Banjir Lahar Dingin Terjang Tanah Datar Dampak Gunung Marapi Erupsi

×

Banjir Lahar Dingin Terjang Tanah Datar Dampak Gunung Marapi Erupsi

Bagikan berita
Banjir lahar dingin di Pariangan Tanah Datar. (Foto: Istimewa)
Banjir lahar dingin di Pariangan Tanah Datar. (Foto: Istimewa)

KLIKKORAN.COM- Pasca bencana Erupsi Gunung Marapi, kemarin malam (5/12/2023) daerah Tanah Datar dihadapkan dengan banjir lahar dingin.

Peristiwa tersebut terjadi di Nagari Pariangan, sebuah kawasan yang dianggap sebagai Desa Terindah di Dunia, terletak di Kabupaten Tanah Datar.

Sungai yang mengalir di Pariangan bermuara dari Gunung Marapi yang meletus pada Minggu, 3 Desember 2023.

"Bencana banjir lahar dingin melanda kawasan pemandian air panas di sekitar Masjid Ishlah, Nagari Pariangan," ungkap Bupati Tanah Datar, Eka Putra, pada hari Rabu, 6 Desember 2023.

Eka memberikan himbauan kepada warga agar tetap tenang dan mematuhi petunjuk yang diberikan oleh pihak berwenang.

"Sangat penting untuk tidak terpancing oleh isu, terutama yang dapat menimbulkan kecemasan di kalangan masyarakat," tegasnya.

Dampak dari banjir lahar dingin tidak hanya terbatas pada Nagari Pariangan. Nagari Batubasa, Kecamatan Pariangan, juga turut merasakannya dengan merusak masjid dan rumah warga di Jorong Sialahan.

"Di Kawasan Koto Baranjak, Nagari Baringin, Kecamatan Limo Kaum, banjir lahar dingin merusak jembatan di kedua sisinya, sehingga tidak dapat dilewati oleh kendaraan bertonase besar," tambahnya.

Dari beberapa rekaman video yang viral di media sosial, terlihat debit air yang mengganas di Batang Air Sigarungguang Nagari Baringin dan Batang Air Lona, Nagari Parambahan, terutama di malam hari.

Warga sekitar terlihat keluar untuk memastikan kondisi banjir dan melindungi pemukiman mereka dari ancaman bahaya yang mungkin terjadi. (*)

Editor : Dewi Fatimah
Bagikan

Berita Terkait
Terkini