KLIKKORAN.COM - (23/5/2023) HYBE menandatangani kesepakatan distribusi dengan platform musik China 'Tencent Music'.Label tersebut akan memasuki pasar China dengan lebih agresif dengan bermitra bersama Tencent Music yang merupakan platform musik terbesar di China.
Industri ini mengamati dengan cermat apakah HYBE dapat menghasilkan uang secara efektif di China di tengah munculnya "teori krisis K-pop."Pada 16 Mei, HYBE menandatangani kontrak distribusi musik dengan Tencent Music.
Baca juga : Jisoo BLACKPINK Secara Resmi Menerima Sertifikat ‘Melon Hall of Fame’Perjanjian ini memungkinkan penonton Tiongkok untuk secara resmi mengakses rilis musik HYBE saat ini dan yang akan datang di platform Tencent Music, termasuk QQ Music, KuGou Music, KuWo Music, dan WeSing.
Kolaborasi ini bertujuan untuk mempromosikan sumber musik dan artis, namun status distribusi dan detail kontrak belum dikonfirmasi, menurut seorang pejabat HYBE.Artis K-pop populer di bawah HYBE, seperti BTS, SEVENTEEN, dan TXT , sangat populer di Tiongkok.
Namun keuntungan yang dihasilkan dari aktivitas mereka belum sepenuhnya kembali ke Korea karena tidak adanya kontrak distribusi resmi.Akibatnya, China hanya menyumbang 1% dari total penjualan HYBE tahun lalu.
Sebagian besar penjualan HYBE di Asia (32,7%), tidak termasuk Korea, terutama didorong oleh pasar Jepang pada kuartal pertama.Baca juga : Netflix Ungkap Film Pendek Mendiang Sulli ‘Persona: Sulli’ Sedang Dalam Pembicaraan Untuk Dirilis
Dengan kesepakatan baru ini, HYBE akan secara aktif menyasar pasar musik Cina yang masif.Mereka sudah mulai merekrut personel China untuk perencanaan konten, produksi, dan operasi bisnis untuk membangun kehadiran lokal yang lebih kuat.
Ketua HYBE Bang Si Hyuk mencatat pelambatan yang jelas dalam indikator K-pop selama Forum Kwanhun yang diadakan pada bulan Maret, menyatakan bahwa pasar China terus tumbuh meskipun ada pembatasan Hallyu.Per Desember tahun lalu, lebih dari 700 juta orang di Tiongkok menggunakan platform streaming musik, dengan lebih dari 90% di antaranya berafiliasi dengan Tencent Music.
Pada kuartal pertama tahun ini, pendapatan musik online Tencent Music mencapai $510 juta, dengan lebih dari 94,4 juta pengguna layanan berbayar.Selain itu, Tencent Music juga menekankan kemitraan yang diperkuat dengan HYBE dalam rilis pendapatan Q1.
***
Editor : Saridal Maijar
Sumber : 147499