Contoh Singkat Materi Ceramah Khutbah Jumat Awal Ramadhan 2023

×

Contoh Singkat Materi Ceramah Khutbah Jumat Awal Ramadhan 2023

Bagikan berita
Contoh Singkat Materi Ceramah Khutbah Jumat Awal Ramadhan 2023 Contoh Singkat Materi Ceramah Khutbah Jumat Awal Ramadhan 2023
Contoh Singkat Materi Ceramah Khutbah Jumat Awal Ramadhan 2023 Contoh Singkat Materi Ceramah Khutbah Jumat Awal Ramadhan 2023

KLIKKORAN.COM - Berikut adalah contoh materi khutbah jumat singkat awal Ramadhan 2023 tentang melakukan puasa dengan sunguh-sungguh.Materi khutbah ceramah Jumat singkat ini bisa dijadikan referensi atau contoh sebagai bahan pembelajaran, dalam menyusun materi singkat tentang ceramah khutbah Jumat awal Ramadhan di tahun 2023.

Orang yang beruntung di bulan Ramadhan ini adalah orang yang melaksanakan puasa dengan sunguh-sungguh, menghasilkan buah kesabaran.Tidak hanya perut yang menahan lapar, akan tetapi juga raga yang menahan dari segala yang dilarang oleh Allah Ta’ala.

Menahan lisan dari berucap kata-kata kotor, dusta, ghibah dan sia-sia.Menahan mata dari memandang yang diharamkan oleh Allah Ta’ala. Menahan telinga dari mendengarkan yang tidak halal baginya.

Telinga, lisan dan mata berpuasa sebelum berpuasanya perut dan kemaluan, karena seorang mukmin mengetahui bahwa tidaklah sempurna taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah Ta’ala dalam hal meninggalkan syahwat yang diperbolehkan saat tidak berpuasa hingga ia mampu bertaqarrub kepada Allah Ta’ala dengan cara meninggalkan apa-apa yang larang-Nya di semua keadaaan.Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ وَالْجَهْلَ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ“Barang siapa yang tidak meninggalkan perkataan keji dan berbuat keji, maka Allah tidaklah butuh ia meninggalkan makan dan minumnya (puasanya).” (HR. Al-Bukhari No. 6057)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga menegaskan dalam sabdanya yang lain,رُبَّ صَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الْجُوعُ وَالْعَطَشُ، وَرُبَّ قَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ قِيَامِهِ السَّهَرُ

“Berapa banyak orang yang berpuasa tidak mendapatkan bagiannya kecuali lapar dan dahaga semata, dan berapa banyak orang yang berdiri shalat tidak mendapatkan bagiannya kecuali bergadang saja.” (HR. Ahmad)Nah itulah salah satu contoh Materi khutbah ceramah Jumat singkat di awal Ramadhan di tahun 2023.

Materi khutbah ceramah Jumat singkat ini bisa dijadikan referensi atau contoh sebagai bahan pembelajaran dan dikembangkan sesuai tema yang akan di sampaikan.(KK)

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 145789
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini