Arti Kata Corny Jokes dan Contoh Adab Bercanda Menurut Ajaran Islam

×

Arti Kata Corny Jokes dan Contoh Adab Bercanda Menurut Ajaran Islam

Bagikan berita
Arti Kata Corny Jokes dan Adab Bercanda Menurut Ajaran Islam (foto: Mikhail Nilov/Pexels)
Arti Kata Corny Jokes dan Adab Bercanda Menurut Ajaran Islam (foto: Mikhail Nilov/Pexels)

KLIKKORAN.COM - Seperti yang kita ketahui, jokes atau lelucon adalah segala sesuatu yang dikatakan atau dilakukan untuk membuat seseorang tertawa , misalnya dengan cerita lucu bahkan tebak-tebakan.

Seiring berjalannya waktu, lelucon pun memiliki bebagai macam jenis. Saat ini ada istilah dalam lelucon bernama 'Corny Jokes'.

Secara harfiah, Corny jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia berarti 'klise'. Menurut KBBI, arti klise yaitu gambar negatif pada film potret/gagasan (ungkapan) yang terlalu sering dipakai/tiruan; hasil meniru.

Dalam hal ini, defenisi klise yang cocok dalam KBBI merupakan gagasan (ungkapan) yang terlalu sering dipakai/sudah umum digunakan.

Lantas, apa pengertian atau defenisi dari Corny Jokes itu sendiri?

Jadi, jika diartikan Corny Jokes adalah lelucon yang klise. Istilah ini merupakan sebutan bagi sebuah lelucon yang klasik atau gurauan lama. Bagi sebagian orang merasa senang dengan lelucon seperti ini. Namun, sebagian lainnya bisa juga merasa bosan karena garing (tidak lucu).

Perlu kita sadari, bahwa tidak semua lelucon itu dapat menyenangkan orang lain. Karena, bagi sebagian orang terkadang sesuatu yang dianggap candaan dapat membuat orang lain merasa tersinggung jika tidak tahu adab dalam bercanda.

Adab Bercanda Menurut Ajaran Islam

Bercanda dan bergurau asalnya adalah perkara yang mubah dan boleh asalnya di lakukan dengan porsi yang tepat, pada waktu yang tepat dan tidak melanggar norma-norma agama.

Karena, bercanda atau bersenda gurau merupakan bagian dari kehidupan sosial manusia. Ajaran Islam pun memperbolehkan umatnya untuk bercanda. Sebab, Nabi Muhammad SAW pun suka bercanda dengan para sahabat

Ajaran Islam tidak melarang umatnya untuk tertawa namun secara secukupnya dan tidak berlebihan. Terkadang candaan membuat orang tertawa tapi sebaiknya tetap terkontrol.

Rasulullah SAW bersabda: "Janganlah engkau sering tertawa, karena sering tertawa akan mematikan hati." (Shahih Sunan Ibnu Majah no 3400).

Melansir Islamedia, ada beberapa adab yang perlu diperhatikan ketika bercanda, yaitu:

1. Tidak boleh bercanda dengan berbohong atau dusta

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 143843
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini