Sifat-sifat Rasulullah , Tetap Konsisten Tak Pernah Goyah Diterpa Badai Kehidupan

×

Sifat-sifat Rasulullah , Tetap Konsisten Tak Pernah Goyah Diterpa Badai Kehidupan

Bagikan berita
Konsisten. (Foto: id.depositphotos.com)
Konsisten. (Foto: id.depositphotos.com)
KLIKKORAN.COM - Dalam kehidupan seorang muslim harus memiliki kepribadian yang konsisten artinya tak pernah goyah karena badai kehidupan. Tak goyah dalam artian tidak berubah, karena kuatnya aqidah yang menyebabkan konsistensi serta keyakinan seorang muslim tetap, baik dalam keadaan gembira, sedih, ditimpa kesulitan atau mengalami berbagai kemudahan, seorang muslim tak berubah dan selalu bersifat konsisten. Berikut akan dibahas secara lebih terperinci didalam artikel ini.  Konsistensi dalam bersikap merupakan unsur terpenting dalam pembentukan kepribadian islami di samping berkata serta bertindak secara benar Rasulullah SAW merupakan contoh utama dalam hal sikap konsisten. Dalam menyiarkan agama Islam, Rasulullah SAW menghadapi orang-orang musyrik dan beliau tetap berkonsisten dalam sikapnya baik ketika menerima respon yang kurang mengenakan dari orang-orang kafir bahkan sampai mengancam dan menakut-nakuti dengan berbagai sarana. Namun Rasulullah SAW tidak berubah dan tetap konsisten dalam menyebarkan ajaran Islam. Sebagaimana janji Allah SWT yang telah disebutkan dalam firmannya yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا لَقِيْتُمْ فِئَةً فَاثْبُتُوْا وَاذْكُرُوا اللّٰهَ كَثِيْرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَۚ

Artinya : "Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu bertemu pasukan (musuh), maka berteguh hatilah dan sebutlah (nama) Allah banyak-banyak (berzikir dan berdoa) agar kamu beruntung."(QS. Al-Anfal : 45) 

Begitulah beliau sebagai contoh dari sosok yang konsisten dalam bersikap. Tetap berdakwah sampai Allah SWT memenangkan agamanya.   Ketika sikap konsisten itu melekat pada kepribadian muslim maka ketika ia berjanji ia akan setia untuk menepatinya terutama dalam menegakkan kebenaran.  

Sifat-sifat Rasulullah Tak Pernah Goyah Diterpa Badai Kehidupan

1. Nabi Muhammad SAW tidak pernah mencela makanan sekali pun. Apabila beliau berselera, beliau memakannya. Apabila beliau tidak suka, beliau pun meninggalkannya 2. Jika menghadapi perkara sulit, beliau bergegas sholat 3. Beliau tidak pernah diminta sesuatu lantas ia menolaknya kecuali karena beliau diminta untuk berbuat dosa 4. Perlakuan bodoh yang ditujukan kepadanya justru membuatnya semakin bijak dan dewasa 5. Beliau bercelak dengan istmid setiap malam tatkala menjelang tidur 6. Jika pergi tidur, beliau menghadap ke sisi kanan 7. Sosok yang tak pernah marah dan paling gampang suka cita 8. Rasulullah SAW akan diketahui kehadirannya karena aromanya yang wangi 9. Apabila bertemu dengan sahabat, beliau berjabat tangan 10. Kedua mata beliau tidur dan hatinya tidak tidur Oleh sebab itu, marilah kita perbaiki aqidah kita dan menjadikan pribadi muslim yang senantiasa berkonsisten terutama dalam hal agama dan kebenaran. Semoga bermanfaat. (KK)  Editor : Saridal Maijar
Sumber : 138865
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini