Apa Itu Tiwul dan Begini Cara Pembuatannya

×

Apa Itu Tiwul dan Begini Cara Pembuatannya

Bagikan berita
Tiwul makanan tradisional khas suku Jawa, (Foto: haryhermawan.com)
Tiwul makanan tradisional khas suku Jawa, (Foto: haryhermawan.com)

KLIKKORAN.COM - Berikut dalam artikel ini akan membahas terkait cara membuat Tiwul makanan tradisional khas suku Jawa.Tiwul merupakan salah satu makanan tradisional khas suku Jawa yang terbuat dari gaplek atau singkong yang sudah diproses.

Dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, masyarakat zaman dahulu menjadikan tiwul sebagai makanan pokok pengganti nasi.

Baca juga: Promo Makanan dan Minuman Khusus Hari Kemerdekaan HUT RI ke-77 Pada 17 Agustus 2022

Saat ini, tiwul banyak ditemukan didaerah Jawa Tengah dan sekitarnya. Tiwul banyak diolah oleh masyarakat mulai dari makanan siap saji sampai makanan instan yang bisa dimakan dimana saja.Dalam pembuatannya, bahan utama yang harus ada yaitu singkong atau ketela pohon.

Nah, bagaimana? Jika kamu penasaran simak artikel ini hingga selesai ya.Berikut proses pembuatan Tiwul

1. Potong singkong menjadi beberapa bagian sehingga menjadi seperti gaplek.2. Gaplek dicuci bersih kemudian direndam semalaman diair yang mengalir.

3. Gaplek ditiriskan dan digiling menjadi tepung.4. Tepung yang sudah jadi kemudian diayak guna mempermudah proses penginteran.

5. Tepung dijemur dibawah sinar matahari dan dibolak-balik agar kering dengan merata. Cara ini dilakukan demi mengurangi kadar air dalam tepung serta mencegah tepung menggumpal dan lengket.

Baca juga: Nasi Sudah Menjadi TTS lontong 6 Huruf, Ngelaagggg!

5. Tepung dikukus hingga matang.6. Tepung yang matang dijemur kembali sampai benar-benar kering.

7. Tiwul yang sudah kering kemudian dikukus dan siap disajikan. Tiwul biasanya dihidangkan bersamaan dengan ikan asin, urap dan oseng-oseng.Demikian cara membuat Tiwul makanan tradisional suku Jawa, semoga artikel ini bermanfaat. (KK)

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 111751
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini