Sudah Milenial, Kepercayaan Pada Ramalan Zodiak Masih Eksis.

×

Sudah Milenial, Kepercayaan Pada Ramalan Zodiak Masih Eksis.

Bagikan berita
foto : illustrasi Grid.id
foto : illustrasi Grid.id

Hiburan - Seperti yang sudah diketahui, bahwa hukum percaya zodiak dalam islam adalah haram. Sesuai sabda Rasulullah SAW dalam kitab sunan Abu Daud :

مَنِ اقْتَبَسَ عِلْمًا مِنَ النُّجُومِ اقْتَبَسَ شُعْبَةً مِنَ السِّحْرِ زَادَ مَا زَادَ

“Barangsiapa mengambil ilmu perbintangan, maka ia berarti telah mengambil salah satu cabang sihir, akan bertambah dan terus bertambah.”[1]

Baca juga : Katanya #ILoveYouDay Tanggal 14 Oktober, Sudahkah Kamu Bilang I Love You Hari Ini?

Begitu pula hadits yang diriwayatkan oleh Al Bazzar, dengan sanad yang jayyid dari ‘Imron bin Hushoin, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

لَيْسَ مِنَّا مَنْ تَطَيَّرَ أَوْ تُطُيِّرَ لَهُ أَوْ تَكَهَّنَ أَوْ تُكُهِّنَ لَهُ أَوْ سَحَّرَ أَوْ سُحِّرَ لَهُ

“Bukan termasuk golongan kami, siapa saja yang beranggapan sial atau membenarkan orang yang beranggapan sial, atau siapa saja yang mendatangi tukang ramal atau membenarkan ucapannya, atau siapa saja yang melakukan perbuatan sihir atau membenarkannya.”[2]

Baca juga : Temuan Dugaan Pelanggaran Pemilu Di Tanah Datar Dihentikan Sentra Gakkumdu, Ini Alasannya.

Apalagi di era milenial saat ini, manusia berevolusi jadi makin cerdas dengan anggapan kepercayaan pada zodiak ini tidak berdasar. Namun kenyataannya, dikutip data dari hipwee.com bahwa Di Amerika saja, 58% remaja usia 18-24 tahun masih percaya pada ramalan bintang.

Sulit dijelaskan secara ilmiah, tapi kenapa masih banyak orang percaya zodiak? mungkin ini alasannya :

  1. Namanya hidup, tentu semuanya serba tidak pasti. Tapi dengan membaca ramalan bintang, kita bisa tahu apa yang “kira-kira” akan terjadi di masa depan. Ini yang biasanya dicari orang-orang dari membaca horoscope, karena penasaran aja.
  2. Manusia tuh ternyata suka sama hal-hal yang sesuai dengan dirinya, sebaliknya, sesuatu yang bertolak belakang dengan kondisinya cenderung tidak diperhatikan, ini yang dinamakan efek Barnum.
  3. Selain itu, kebanyakan pembaca zodiak sebenarnya cuma mencari pembenaran aja. Misalnya menurut astrologi, Aries itu sifatnya moody, yang ber-zodiak Aries cendrung membenarkan sikap moody nya dalam keadaan apapun.

Baca juga : Drakor Pilihan 2020 : mulai Dari Komedi Hingga Misteri

Padahal ada miliaran manusia yang hidup di muka bumi ini, kalau semua yang dibilang ramalan zodiak itu benar, apakah sifat manusia terbatas pada 12 jenis zodiak saja? (sumber : Hipweecom)

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 532
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini