Jamin Tak Ada Pungli saat Libur Nataru di Padang, Pemko Siapkan Strategi Jitu

×

Jamin Tak Ada Pungli saat Libur Nataru di Padang, Pemko Siapkan Strategi Jitu

Bagikan berita
Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Ances Kurniawan (Istimewa)
Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Ances Kurniawan (Istimewa)

KLIKKORAN.COM- Dalam mengantisipasi maraknya pungli, Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Perhubungan bakal optimalkan pengawasan terhadap juru parkir.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Ances Kurniawan, mengumumkan langkah-langkah tegas dalam optimalisasi peran petugas parkir di seluruh objek wisata Kota Padang.

Keputusan ini diambil untuk merespons potensi aksi pungutan liar, yang mungkin terjadi di kawasan objek wisata selama libur akhir tahun dan Natal.

Ances menyoroti masalah seringnya masyarakat mengalami kendala, ketika berwisata karena adanya pungutan liar.

"Langkah-langkah antisipatif perlu diambil untuk meminimalkan risiko, yang melibatkan oknum-oknum suka melakukan pungutan ilegal," ucapnya.

Lebih dari itu, Dishub telah menyiapkan ratusan juru parkir sebagai bagian dari strategi untuk menghindari praktik pungutan liar di lapangan.

"Sejalan dengan itu, kita juga memberikan peringatan kepada petugas agar mereka tidak terlibat dalam praktik pungli, karena hal tersebut adalah bagian dari tanggung jawab mereka," ungkap Ances, Jumat (24/11/2023).

Ances juga menekankan pentingnya kesadaran masyarakat terhadap nominal biaya parkir yang seharusnya dibayarkan kepada juru parkir di lapangan.

Jika jumlahnya melebihi standar yang ditetapkan atau yang tertera di kartu parkir, itu menjadi indikasi adanya praktik pungutan liar.

"Jika kita menemukan indikasi semacam itu, kita akan mengambil tindakan tegas terhadap pelakunya," tuturnya.

Editor : Dewi Fatimah
Bagikan

Berita Terkait
Terkini