Uji Coba Kereta Tanpa Rel IKN Sambut Perayaan Kemerdekaan RI

×

Uji Coba Kereta Tanpa Rel IKN Sambut Perayaan Kemerdekaan RI

Bagikan berita
Ilustrasi Autonomous Rail Transit (foto: Ideogram AI)
Ilustrasi Autonomous Rail Transit (foto: Ideogram AI)

KLIKKORAN - Kereta tanpa rel yang dioperasikan di IKN (Ibu Kota Nusantara), akan dilakukan ujicoba pada 10 Agustus 2024.

Pemilihan tanggal tersebut, dimaksudkan agar Autonomous Rail Transit (ART) siap siaga sambut perayaan kemerdekaan RI 17 Agustus 2024.

Hal tersebut, sudah dikonfirmasi langsung oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam sebuah keterangan yang dirangkum informasinya dari detik.

Dalam keterangannya, Kemenhub mewakilkan juru bicara kepada Risal Wasal selaku Direktur Jenderal Perkeretaapian (DJKA) pada 6 Agustus 2024 lalu.

"Uji coba dinamis akan dimulai sejak 10 Agustus 2024 hingga 2 bulan kemudian untuk memastikan kelayakan ART sebagai kereta tanpa rel," ujarnya.

"Pengoperasiannya meliputi jalur melingkar di sekitar Gedung Kemenko yang merupakan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN agar bisa sambut kemerdekaan RI," jelasnya.

Risal Wasal mengatakan, bahwa pengoperasian uji coba untuk umum baru dibuka pada Oktober sampai Desember 2024. "ART akan berhenti di sepanjang 8 halter utama kawasan tersebut seperti transportasi umum lain," katanya. (*)

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini