Jokowi dan Jenderal Sigit Diminta Bertindak Atas Pembunuhan di Papua

×

Jokowi dan Jenderal Sigit Diminta Bertindak Atas Pembunuhan di Papua

Bagikan berita
Ilustrasi helikopter Glen Malcolm Conning dibakar (foto: Ideogram AI)
Ilustrasi helikopter Glen Malcolm Conning dibakar (foto: Ideogram AI)

KLIKKORAN - Telah terjadi pembunuhan Pilot asal Selandia Baru di Papua yang bernama Glen Malcolm Conning, pada 5 Agustus 2024 waktu setempat.

Menyusul kelanjutan kasusnya, keterlibatan Presiden Jokowi dan Jenderal Listyo Sigit Prabowo dibutuhkan menurut Yan Christian Warinussy.

Yan Christian Warinussy adalah seorang juru bicara, dari Lembaga Swadaya Masyarakat Jaringan Damai Papua (JDP) yang mengecam tindakan tersebut.

Kabar yang beredar, menjelaskan kronologinya bahwa Glen Malcolm Conning dibunuh oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua dengan membakar helikopter korban.

Juru bicara JDP tentu sangat mengecam tindakan tersebut, tanpa adanya koordinasi dengan pihak terkait. Akibatnya, kasus ini menjadi sorotan dunia secara luas.

Ia kemudian dalam keterangannya melansir Antara, secara resmi meminta Presiden Jokowi dan Jenderal Listyo Sigit Prabowo bertindak agar dilakukan penyelidikan dibaliknya.

"JDP meminta Presiden Jokowi dan Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan menginstruksikan Komnas HAM (Hak Asasi Manusia) untuk mengusut tuntas kasus pembunuhan ini," ujarnya.

Sebelumnya, Brigadir Jenderal Faizal Ramadhani selaku Kepala Satgas Operasi Perdamaian Cartenz 2024 TNI-Polri juga telah memberi keterangan bahwa pembuhan dilakukan oleh KKB Papua.

Kronologinya yaitu Pilot Selandia Baru tersebut, dicegat dan ditembak ketika mendarat bersama Helikopternya di Papua Tengah pada Senin Pagi dan kemudian jasad Glen Malcolm Conning dibakar. (*)

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini