Cek Fakta Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution Kelola Tambang

×

Cek Fakta Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution Kelola Tambang

Bagikan berita
Ilustrasi korupsi tambang (foto: Ideogram AI)
Ilustrasi korupsi tambang (foto: Ideogram AI)

KLIKKORAN - Nama anak Presiden Jokowi yaitu Kahiyang Ayu dan suaminya, Bobby Nasution sebagai Wali Kota Medan jadi sorotan warga.

Pasalnya, mereka berdua disebut ada kaitan dengan 'Blok Medan' pada kasus korupsi tambang Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba.

Abdul Ghani Kasuba memang sudah di-nonaktifkan dari jabatannya, tapi penyelidikan kasus terkait masih dilakukan oleh KPK hingga sekarang.

Bahkan dalam keterangan terbarunya, Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) disebut akan memanggil menantu Presiden Jokowi sekaligus Walkot Medan itu.

Walaupun, Juru Bicara KPK Tessa Mahardika Sugiarto memberikan keterangan bahwa belum ada intruksi dari pihak Jaksa Penuntut Umum terkait lebih lanjut.

Sementara, pada keterangan lain, Menteri Sekretaris Negara Pratikno membantah isu yang melibatkan sebutan 'Blok Medan' dengan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

"Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution tidak ada izin tambang setahu saya karena itu masalah hukum," ujarnya mengutip dari Tempo.

Maka berdasarkan informasi tersebut, cek fakta terkait istilah 'Blok Medan' yang dikaitkan dengan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution adalah hanya tuduhan semata.

Sebelumnya, 'Blok Medan' muncul saat penyelidikan Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba dalam proses perizinan tambang serta adanya dugaan suap antara pihak tersebut.

Kronologinya yaitu perusahaan tersebut punya ribuan hektar bisnis pertambangan sejak 2008, ia ditangkap sejak 2023 dan dalam penyelidikan terbaru menjerat nama 'Blok Medan' sebagai pemilik. (*)

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini