Mengenal Desa Wisata Lawang Sumatera Barat, Nagari di Atas Awan yang Memenangkan ADWI 2023

×

Mengenal Desa Wisata Lawang Sumatera Barat, Nagari di Atas Awan yang Memenangkan ADWI 2023

Bagikan berita
Ilustrasi Desa Wisata Lawang (Foto: Canva)
Ilustrasi Desa Wisata Lawang (Foto: Canva)

KLIKKORAN.COM - Berbicara tentang berwisata di Kabupaten Agam pasti tidak ada habisnya, karena kabupaten Agam memiliki beragam destinasi wisata yang pastinya menarik untuk dikunjungi.

Salah satu desa wisata di Kabupaten Agam yang masuk nominasi sekaligus mendapat juara 1 di Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2023 kategori Homestay dan Toilet Umum.

ADWI 2023 merupakan salah satu program unggulan penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia yang sedang digalakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Barekraf) untuk ketiga kalinya.

Nah bagi yang masih penasaran, mari lebih mengenal Desa Wisata Lawang yang akan penulis ulas di bawah ini!

Mengenal Desa Wisata Lawang Sumatera Barat

Desa Wisata Lawang merupakan sebuah desa atau nagari yang berada di Jorong Katapiang, Nagari Lawang Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Desa tersebut menawarkan beragam keindahan alam yang membentang luas dan berada di ketinggian lebih kurang 1.250 meter di atas permukaan laut.

Oleh sebab itu, Desa Wisata Lawang ini termasuk desa dengan suhu yang sangat dingin sekaligus curah hujan tahunan yang juga tinggi.

Desa Wisata Lawang diberi julukan sebagai Nagari di Ateh Awan atau Desa di Atas Awan, karena pada saat cuaca sedang berawan, pemandangan dari atas puncak Lawang akan diselimuti awan seakan-akan awan berada di bawah Puncak Lawang tersebut

Kawasan dari Desa Wisata Lawang ini adalah Kawasan perkebunan tebu, persawahan, kebun bawang dan hutan.

Sebagian besar wilayah Desa Lawang merupakan perkebunan tebu yang menjadi komoditi utama masyarakat Lawang

Editor : Khairannisa
Sumber : Youtube Agam TV
Bagikan

Berita Terkait
Terkini