Kok bisa? Penumpang Kapal Mentawai Libur Nataru 2024 Turun 10 persen

×

Kok bisa? Penumpang Kapal Mentawai Libur Nataru 2024 Turun 10 persen

Bagikan berita
Kapal Mentawai. (Foto: Pemko Padang)
Kapal Mentawai. (Foto: Pemko Padang)

KLIKKORAN.COM- PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Cabang Padang mencatat penurunan sebesar 10 persen dalam jumlah penumpang Kapal Mentawai selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Meskipun ASDP sebelumnya memproyeksikan peningkatan, namun fakta lapangan menunjukkan sebaliknya.

Rudi Mahmudi, selaku Manajer ASDP Cabang Padang mengatakan dalam rangka menyambut libur Nataru, ASDP telah menambah dua rute menuju Pulau Mentawai pada Minggu sore, 25 Desember 2023.

Meskipun kendaraan bermotor seperti sepeda motor, mobil pribadi, dan truk mengalami peningkatan, penurunan yang cukup signifikan terlihat pada jumlah penumpang.

Data yang dihimpun ASDP mencatat penurunan sekitar 10 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022.

"Jika dibandingkan dengan libur Natal tahun lalu, yang mencapai total 4.641 penumpang sejak H-7 hari raya, tahun ini terjadi penurunan drastis dengan jumlah penumpang hanya berkisar 1/4 dari tahun sebelumnya, yaitu sekitar 1.124 penumpang," jelasnya.

Faktor yang menjadi penyebab penurunan tersebut adalah adanya kapal cepat dari swasta yang melayani rute Padang-Mentawai.

Dia menambahkan, ASDP Indonesia Cabang Padang mengoperasikan tiga kapal, termasuk KMP Ambu-ambu dan KMP Gamburu yang melayani rute Padang-Kepulauan Mentawai.

"Masing-masing kapal melayani empat lintasan, termasuk dua lintasan komersil, yaitu Padang-Tuapejat dan Padang-Salami," ungkapnya pada Selasa, 26 Desember 2023.

Dalam upaya mengantisipasi lonjakan penumpang, ASDP mengambil langkah dengan mengoperasikan dua kapal tambahan untuk melayani rute Padang dan Mentawai, yaitu Padang menuju Sikakap dan Padang-Siberut. (*)

Editor : Dewi Fatimah
Bagikan

Berita Terkait
Terkini