Solok Selatan Targetkan Penurunan Kemiskinan Ekstrem ke 0 Persen Tahun 2024

×

Solok Selatan Targetkan Penurunan Kemiskinan Ekstrem ke 0 Persen Tahun 2024

Bagikan berita
Ilustrasi kemiskinan ekstrem. (Foto: Pinterest)
Ilustrasi kemiskinan ekstrem. (Foto: Pinterest)

KLIKKORAN.COM- Tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Solok targetkan angka kemiskinan ekstrem di daerah tersebut turun jadi 0 persen.

Hal itu disampaikan saat membuka Rapat Koordinasi Tim Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Solok Selatan di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati Solok Selatan.

Bupati Solok Selatan, Khairunas, menyatakan komitmennya dalam upaya menurunkan tingkat kemiskinan ekstrem dengan pendekatan terintegrasi bersama pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

"Tentunya ini memerlukan program yang tepat sasaran, dengan data penerima bantuan yang jelas untuk menghindari tumpang tindih," ujarnya seperti yang dikutip dari Sumbarkita, pada Rabu (6/3/2024).

Harapannya, pertemuan ini akan memvalidasi data sasaran pengentasan kemiskinan ekstrem di daerah tersebut.

Target penurunan kemiskinan ekstrem menjadi 0 persen ini sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Seluruh pemangku kepentingan di Sumatera Barat telah menyetujui upaya bersama untuk mencapainya.

Dalam upaya mencapai target tersebut, Khairunas menekankan strategi kebijakan yang mencakup pengurangan beban pengeluaran masyarakat, peningkatan pendapatan, dan penurunan jumlah kantong kemiskinan di Solok Selatan.

Terakhir disampaikan bahwa penurunan angka kemiskinan ekstrem di Solok Selatan telah terjadi selama dua tahun terakhir. Data menunjukkan penurunan dari 1,8% pada tahun 2021 menjadi 1,5% pada tahun 2022. (*)

Editor : Dewi Fatimah
Bagikan

Berita Terkait
Terkini