Dampak Cuaca Buruk: 4 Titik Jalan Rusak di Nagari Simarasok

×

Dampak Cuaca Buruk: 4 Titik Jalan Rusak di Nagari Simarasok

Bagikan berita
Masyarakat tengah membersihkan badan jalan tertimpa longsor di Agam. (Foto: AMCNews)
Masyarakat tengah membersihkan badan jalan tertimpa longsor di Agam. (Foto: AMCNews)

KLIKKORAN.COM- Dampak cuaca buruk belakangan ini terasa di Nagari Simarasok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam. Sebanyak empat titik ruas jalan mengalami kerusakan serius akibat hujan yang melanda wilayah tersebut, pada tanggal 24 Februari 2024.

Wali Nagari Simarasok, Mhd Nurzen, menyatakan bahwa keempat titik tersebut terletak di dua jorong, yaitu Kampeh dan Sungai Angek, di mana masing-masing jorong memiliki dua titik ruas jalan yang rusak.

"Dalam Jorong Kampeh, terjadi ambruknya bahu jalan talao sepanjang sekitar 50 meter, dan ruas jalan Kelok Kaluang tertimbun tanah longsoran tebing sepanjang sekitar 80 meter," ujarnya seperti dilansir dari AMCNews pada Selasa (27/2/2024).

Sementara di Jorong Sungai Angek, kerusakan terjadi di ruas Jalan Durian dengan dua titik, masing-masing sepanjang 80 meter dan 50 meter.

Nurzen menyampaikan bahwa masyarakat setempat telah melakukan upaya penanganan secara manual, terutama pada ruas jalan yang tertimbun material longsor, meskipun belum mencapai hasil optimal.

"Di tebing tersebut terdapat retakan sepanjang sekitar 150 meter, sehingga diperlukan alat berat untuk mengatasinya. Kami juga telah mengajukan permintaan bantuan alat berat kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, dan semoga bisa direalisasikan dalam waktu dekat," tambahnya.

Selain itu, Nurzen mengungkapkan perlunya pemasangan bronjong pada bahu jalan yang ambruk untuk memperkuat tahanannya.

"Kami telah mengajukan permohonan pemasangan bronjong kepada OPD terkait, dengan harapan bisa segera terealisasi. Karena kondisi ini sangat mengancam keselamatan masyarakat," tutupnya. (*)

Editor : Dewi Fatimah
Bagikan

Berita Terkait
Terkini