Gawat! Belasan Ribu Surat Suara Pemilu 2024 Rusak Parah, Apa Penyebabnya?

×

Gawat! Belasan Ribu Surat Suara Pemilu 2024 Rusak Parah, Apa Penyebabnya?

Bagikan berita
Ilustrasi surat suara 2024. (Foto: Pinterest)
Ilustrasi surat suara 2024. (Foto: Pinterest)

KLIKKORAN.COM- Sebanyak 13.762 lembar surat suara Pemilu 2024 ditemukan rusak di Agam.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Agam, Beni Andwila. Ia menjelaskan kerusakan tersebut ditemukan selama proses pengawasan penyotiran dan pelipatan.

Menurutnya kerusakan tersebut disebabkan oleh cipratan tinta dan robek pada berbagai jenis surat suara, termasuk surat suara presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten.

Selain itu juga disampaikan bahwa kerusakan itu terdeteksi selama periode penyotiran dan pelipatan surat suara pada tanggal 11-15 Januari 2024.

"Bawaslu Agam sedang melakukan pemeriksaan ulang terhadap surat suara yang mengalami kerusakan, sementara KPU Agam tengah melaksanakan penyotiran kembali terhadap surat suara yang mengalami kerusakan," ujarnya seperti dikutip dari Antara pada Senin (22/1/2024).

Beni menegaskan bahwa surat suara yang rusak harus dipisahkan dan diganti dengan surat suara baru untuk memastikan integritas proses pemilihan.

Meskipun kebutuhan surat suara di Kabupaten Agam sebanyak 1.982.815 lembar, sebanyak 1.944.353 lembar dalam kondisi baik, sedangkan 13.762 lembar mengalami kerusakan dan memerlukan penggantian. (*)

Editor : Dewi Fatimah
Bagikan

Berita Terkait
Terkini