Disdik Tanah Datar Tingkatkan Kesiapsiagaan Siswa: Simulasi Bencana Erupsi Marapi di Sekolah

×

Disdik Tanah Datar Tingkatkan Kesiapsiagaan Siswa: Simulasi Bencana Erupsi Marapi di Sekolah

Bagikan berita
Erupsi Gunung Marapi beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)
Erupsi Gunung Marapi beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

KLIKKORAN.COM- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar, Sumatera Barat, bakal menggelar simulasi bencana di sejumlah sekolah yang berada di delapan kecamatan yang memiliki potensi terdampak erupsi Gunung Marapi.

Devira Purnama, Kepala Bidang Pembinaan SMP, menjelaskan bahwa tujuan dari simulasi ini adalah untuk melatih kesiapsiagaan sekolah dan siswa menghadapi bencana erupsi Gunung Marapi.

"Kepala sekolah di delapan kecamatan tersebut telah diundang untuk berpartisipasi dalam rapat guna membahas langkah-langkah yang akan diambil dalam menghadapi potensi erupsi yang mungkin terjadi kembali," ujar Devira seperti dilansir dari Antara pada Senin (22/1/2024).

Devira menekankan pentingnya koordinasi antara pihak sekolah dan pihak nagari setempat dalam menentukan titik kumpul bagi pelajar jika terjadi letusan besar.

"Diperlukan SOP yang jelas mengenai penanganan dan reaktivasi tim satgas bencana di sekolah, yang sebelumnya berfungsi sebagai Tim Satgas COVID-19," tambahnya.

Devira juga meminta agar kepala sekolah dapat memastikan informasi yang akurat sebelum menyampaikan kepada jajaran sekolah.

Selanjutnya, ia mengungkapkan bahwa simulasi bencana ini akan dilakukan bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Datar.

"BPBD telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan terkait rencana simulasi bencana. Kami akan bersinergi dan mengunjungi sekolah-sekolah yang berpotensi terdampak erupsi Gunung Marapi," tutupnya. (*)

Editor : Dewi Fatimah
Bagikan

Berita Terkait
Terkini