Mengenal Ngarai Sianok Sumatera Barat dengan Pemandangan Alam yang Memukau

×

Mengenal Ngarai Sianok Sumatera Barat dengan Pemandangan Alam yang Memukau

Bagikan berita
Ilustrasi Ngarai Sianok (Foto: mahalo.cz)
Ilustrasi Ngarai Sianok (Foto: mahalo.cz)

KLIKKORAN.COM - Ngarai Sianok yang berada di kecamatan IV Koto, kabupaten Agam, Bukittinggi ini memiliki pesona alam yang sangat memukau.

Saat ini, Ngarai Sianok menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Sumatera Barat, karena memiliki pemandangan yang sangat indah.

Ngarai Sianok terbentuk karena turunnya sebagian lempeng bumi sehingga menimbulkan patahan berupa tebing yang curam dengan kedalam sekitar 100 meter yang membentang sepanjang 15 kilometer dengan lebar sekitar 200 meter.

Patahan ini membentuk dinding yang curam bahkan tegak lurus dan membentuk lembaian hijau dan dialiri air sungai yang jernih.

Bagian dari patahan ini memisahkan pulau sumatera menjadi dua bagian yang memanjang dan berkelok sebagai garis batas Kota Bukittinggi dengan Kabupaten Agam.

Ngarai Sianok merupakan lembah yang diapit dua tebing raksasa dan ditengahnya terdapat aliran sungai.

Lembah tersebut memanjang dan berkelok sebagai garis batas kota dari selatan ngarai Koto Gadang sampai ke nagari Sianok Anam Suku, dan berakhir di kecamatan Pelupuh.

Bentuk Ngarai Sianok berupa lembah sempit yang dikelilingi oleh bukit-bukit bertebing curam yang dihiasi dengan aliran sungai kecil di tengahnya.

Kawasan ini mempunyai sebutan lain, yaitu Lembah Pendiam, karena suasananya yang tenang dan damai didukung dengan udaranya yang bersih dan sejuk diiringi suara latar kicauan burung dan gemercik air sungai yang mengalir, sehingga tempat ini cocok sebagai tempat melepas beban pikiran dari rutinas sehari-hari.

Karena masih memiliki suasana yang alami, ada beberapa flora dan fauna yang menetap di kawasan ini.

Editor : Khairannisa
Sumber : Youtube Syahri Flow
Bagikan

Berita Terkait
Terkini