Akibat Abu Vulkanik, BIM Kembali Tutup Sementara Waktu

×

Akibat Abu Vulkanik, BIM Kembali Tutup Sementara Waktu

Bagikan berita
Bandara Internasional Minangkabau. (Foto: Pemko Padang)
Bandara Internasional Minangkabau. (Foto: Pemko Padang)

KLIKKORAN.COM- Akibat abu vulkanik dari Gunung Marapi yang baru saja meletus, terpaksa Bandara Internasional Minangkabau (BIM) kembali menghentikan sementara operasionalnya.

Hal ini disampaikan melalui surat edaran yang diterbitkan oleh Kepala Kantor Otoritas Wilayah VI Padang, Capt Megi H. Helmiadi, pada Jumat, 5 Januari 2024.

Diketahui, Gunung Marapi kembali meletus, merupakan kejadian yang telah terjadi beberapa kali. Erupsi pada Jumat, 5 Januari 2023, terjadi antara pukul 06.00 WIB hingga 07.00 WIB.

Erupsi tersebut berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan dapat teramati dengan jelas karena kondisi cuaca yang sedang cerah.

Dalam surat edaran tersebut, Capt Megi menjelaskan bahwa penutupan bandara ini dilakukan seiring dengan penyebaran abu vulkanik dari Gunung Marapi di Sumatera Barat.

"Keputusan ini diambil berdasarkan data yang diperoleh dari VAAC Darwin serta hasil uji lapangan yang memastikan adanya abu vulkanik," tulisnya.

Lebih lanjut, ia memerintahkan kepada Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau untuk menghentikan sementara kegiatan operasi penerbangan di bandara tersebut.

Penutupan ini mulai berlaku pukul 10.45 WIB dan akan berlangsung hingga ada pemberitahuan lebih lanjut. (*)

Editor : Dewi Fatimah
Bagikan

Berita Terkait
Terkini