Tingkatkan Industri Halal, BCA Beri Workshop Sertifikasi Halal Gratis untuk 500 UMKM di Padang

×

Tingkatkan Industri Halal, BCA Beri Workshop Sertifikasi Halal Gratis untuk 500 UMKM di Padang

Bagikan berita
BCA beri workshop sertifikasi halal gratis untuk 500 UMKM di Padang.
BCA beri workshop sertifikasi halal gratis untuk 500 UMKM di Padang.

BCA mencatat bahwa hingga 7 Desember 2023, telah diterbitkan sebanyak 228 sertifikat halal. Sedangkan, terdapat 215 sertifikat lagi yang masih dalam proses penerbitan.

Sertifikat-sertifikat tersebut berasal dari UMKM yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan antusiasme yang tinggi dari nasabah BCA, target penerbitan 1.000 sertifikat halal diharapkan dapat tercapai.

Freddy juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada UMKM yang telah berpartisipasi dalam workshop ini, karena selama berlangsungnya kegiatan ini, telah terjadi peningkatan nasabah baru, akuisisi QRIS/EDC BCA, serta potensi Kredit Produktif BCA baik KUR maupun Non-KUR.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, memberikan apresiasi atas inisiatif BCA dalam mengadakan pelatihan sertifikasi halal bagi UMKM di kota Padang.

Beliau berharap agar pelaku UMKM dapat memanfaatkan peluang setelah mendapatkan sertifikasi halal ini, sembari berharap bahwa kerjasama yang kolaboratif ini akan membuka jalan bagi terwujudnya ekosistem UMKM yang kuat dan mampu bersaing di kota Padang.

Data dari Kemenkop UKM menunjukkan bahwa omzet usaha pelaku UMKM meningkat rata-rata sebesar 8,5% setelah mendapatkan sertifikasi halal.

UMKM yang memenuhi kriteria tertentu dapat mengikuti pelatihan sertifikasi ini, baik berdasarkan kriteria debitur/nasabah maupun kriteria usaha/produk.

Hal ini mencakup UMKM dengan segmen mikro, memiliki produk asli, memiliki NIB (Nomor Izin Berusaha), serta UMKM yang bergerak di bidang makanan/minuman dan industri rumah tangga dengan varian produk maksimal 10 jenis, dan belum memiliki sertifikat halal sebelumnya.

Pemberdayaan UMKM tetap menjadi fokus utama perjalanan BCA. Selain memberikan pelatihan dan sertifikasi halal gratis, BCA juga memberikan dukungan dalam sektor pembiayaan kepada UMKM.

Hingga September 2023, penyaluran kredit BCA ke sektor UMKM mencapai Rp104,8 triliun atau tumbuh sebesar 16,4% YoY. Komitmen BCA dalam mendukung UMKM juga tercermin dari penyelenggaraan BCA UMKM Fest 2023 yang berhasil menjangkau 1.400 peserta UMKM, baik secara offline maupun online, sebagai bentuk upaya untuk terus menjadikan UMKM sebagai kekuatan di Indonesia. (*)

Editor : Heru Candriko
Bagikan

Berita Terkait
Terkini