Mengenal Social Phobia yang Diderita Sulli dalam Film Dokumenter Netflix

×

Mengenal Social Phobia yang Diderita Sulli dalam Film Dokumenter Netflix

Bagikan berita
Ilustrasi Sulli dalam film dokumenter Netflix yang derita penyakit Gangguan Kecemasan (foto: Canva)
Ilustrasi Sulli dalam film dokumenter Netflix yang derita penyakit Gangguan Kecemasan (foto: Canva)

Bahkan dalam film dokumenternya di Netflix, Sulli menyebutkan banyak keluhan terkait tekanan yang didapatkan sebagai seorang public figure. Selain itu, ia sendiri pernah mengungkapkan melalui sebuah reality show terkait penyakit gangguan kecemasan sosialnya.

Mengenal Penyakit Social Phobia atau social anxiety disorder

Berangkat dari latar belakang tersebut, Netflix pada 2019 lalu telah membuat film dokumenter terkait Sulli sebelum ia memutuskan untuk bunuh diri. Mari kenal lebih dekat terkait penyakit Social Phobia atau social anxiety disorder, tersebut.

Pada dasarnya, penyakit kejiwaan tersebut tidak berbahaya. Tapi pada kasus tertentu, sepertinya dapat berdampak buruk seperti kasus Sulli di atas. Melansir Halodoc, Social Phobia atau social anxiety disorder memiliki ketakutan ekstrem.

Gejalanya seperti merasa asing pada suatu situasi dan merasa selalu diawasi orang lain, takut dinilai dan ketakutan akan hujatan di mata umum. Pada situasi tertentu, kelainan ini dapat menyebabkan situasi kompleks.

"Kamu dapat merasa begitu takut orang lain menilai kamu buruk atau berpikir kamu tidak bisa bekerja atau memberikan performa dengan baik seperti yang mereka harapkan," demikian keterangan artikel Halodoc.

"Oleh karena itu, kelainan ini harus segera mendapatkan penanganan. Social Anxiety Disorder Tidak Sama dengan Pemalu, bahkan bisa mempengaruhi hubungan dan kinerja di sekolah. Maupun di tempat kerja," jelasnya.

Cara Atasi Gangguan kecemasan sosial yang berpotensi Sebabkan Bunuh Diri

Apabila kamu merasa menyadari beberapa gejala di atas terkait ketakutan penilaian buruk orang lain, sebaiknya segera kamu kunjungi spesialisasi yang dapat memberikan penanganan terbaik. Sebelum itu, kamu bisa mengatasi hal tersebut menggunakan beberapa cara berikut.

Melansir Hello Sehat, kamu dapat kenali dulu pemicu kecemasan tersebut karena setiap orang pasti memiliki alasan dan latar belakang berbeda-beda. Misalnya kasus dimana penyanyi eaJ yang mendadak sesak napas saat awal pandemi Covid-19, ketika menyadari bahwa karirnya akan tenggelam.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini