Cocok untuk Anak Hingga Orang Dewasa, Kunjungi 5 Wisata Baru di Jawa Tengah Ini

×

Cocok untuk Anak Hingga Orang Dewasa, Kunjungi 5 Wisata Baru di Jawa Tengah Ini

Bagikan berita
Ilustrasi Tempat Wisata Baru di Jawa Tengah dan sekitarnya (foto: Canva)
Ilustrasi Tempat Wisata Baru di Jawa Tengah dan sekitarnya (foto: Canva)

Tidak hanya 2 fasilitas kolam renang dan area persawahan, tapi di Taman Panemon juga ada area bermain anak seperti mobil-mobilan dan area melukis serta main pasir. Tentu saja banyak spot foto menarik, kamu bisa ajak pasangan hingga keluarga besar saat rayakan momen tahun baruan 2024.

2. Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur (foto: Google Maps/Ahmad Taufik)
Waduk Gajah Mungkur (foto: Google Maps/Ahmad Taufik)

Kedua, Waduk Gajah Mungkur yang beralamat di Godean, Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah ini sebenarnya bukan tempat wisata baru. Tapi usai dilakukan renovasi pada September 2023, dengan tampilan yang tidak kalah keren fasilitasnya.

Terdiri dari 3 zona, yang pertama lahan seluas 10 hektar akan dijadikan sebagai pusat rekreasi anak dan remaja. Berikutnya lahan 75 hektar, dijadikan sebagai kawasan wisata Waduk Gajah Mungkur dan Lakefront Tourism. Baru lah lahan lain 162 hektar, diperuntukkan sebagai area pengembangan Bukit Joglo da Watu Cenik Adventure & View.

Alokasi dana APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) sekitar Rp22,8 miliar telah diperuntukkan untuk semua pembangunan dengan target penyelesaian pada Desember 2023 ini karena pada September 2023 semua proses telah capai angka 62,9% melansir pemberitaan republika.

Waduk Gajah Mungkur yang telah mendapat rating 4,2 bintang di Google Maps tersebut juga beroperasi setiap hari dari pukul 08.00-17.00 WIB, menghadirkan kompleks taman rekreasi dengan bonbin yang menjadi habitat gajah dan rusa, ada pula wahana perahu serta pesawat tua.

Hanya dengan membayar tiket masuk Rp10 ribu, kamu dapat menikmati taman satwa dan area bermain atau playground serta sewa perahu hingga kereta kelinci & sepeda listrik. Sementara parkirnya Rp1.000 per motor, ada pula tempat penitipan helm Rp4.000an.

3. Wisata Dolan Sawah

Wisata Dolan Sawah (foto: Instagram @dolansawah.id)
Wisata Dolan Sawah (foto: Instagram @dolansawah.id)

Selanjutnya, Wisata Dolan Sawah yang tidak kalah viral karena baru beroperasi mulai November 2023 yang menawarkan pemandangan indah gunung Merbabu dan area persawahan yang asri banget. Tidak hanya itu, tersedia juga makanan dan minuman yang enak.

Bahkan, ada spot bermain juga berupa area playground yang sangat disukai anak-anak. Makanannya juga enak dan bikin ketagihan, yuk datangi Jalan H.Ilyas Pulutan, Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga, Jawa Tengah. Berikut beberapa ulasan para pengguna di Google Maps:

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini