Kemenlu Berhasil Evakuasi Keluarga WNI dari Gaza Palestina, Saat Ini Berada di Mesir

×

Kemenlu Berhasil Evakuasi Keluarga WNI dari Gaza Palestina, Saat Ini Berada di Mesir

Bagikan berita
Menlu, Retno Marsudi. (Foto: istimewa)
Menlu, Retno Marsudi. (Foto: istimewa)

KLIKKORAN.COM - Kemenlu berhasil evakuasi keluarga WNI dari Gaza Palestina. Menlu, Retno Marsudi menjelaskan keberhasilan evakuasi satu

keluarga WNI dari Gaza Palestina yang menjadi pusat konflik antara Tentara Israel dan kelompok Hamas.

"Saya dalam penerbangan bersama Presiden Joko Widodo dari Riyad menuju Washington DC sudah beberapa Minggu ini kita terus berupaya untuk melakukan evakuasi satu keluarga WNI yang terdiri dari satu suami, dua anak, dan satu istri,dari Gaza Selatan sekitar pukul 18.00 waktu Indonesia bagian barat," katanya saat dilansir Halonusa.com melalui kanal YouTube tvOneNews, Senin, 13 November 2023.

Retno menyebutkan, bahwa pihaknya memperoleh laporan bahwa mereka berhasil dievakuasi dan saat ini beliau-beliau ini sudah berada di wilayah Mesir dan sudah berada bersama dengan tim evakuasi KBRI Mesir. Selanjutnya mereka akan dibawa ke Kairo dan akan dipersiapkan kembali ke Indonesia.

"Proses evakuasi ini memakan waktu yang cukup lama dari isu nama beliau tidak ada di dalam lis, proses memasukkan nama beliau ke dalam lis memakan waktu yang sangat panjang dan begitu nama-nama beliau sudah berada di dalam lis, evakuasi juga belum dapat dilakukan karena pintu perbatasan tidak dibuka dengan berbagai alasan situasi lapangan," katanya.

Lebih lanjut, kata Retno, proses panjang ini sekali lagi menunjukkan bahwa proses evakuasi sangat tidak mudah. Namun upaya terus dilakukan secara maksimal selama hampir satu Minggu berada di Timur Tengah dirinya terus melakukan komunikasi dengan banyak pihak untuk memastikan mereka dalam keadaan baik.

"Mereka masuk di dalam lis dan beberapa kali saya meminta agar pintu perbatasan dapat dibuka, tim Jakarta di bawah komando Direktur PWNI dan juga terus melakukan komunikasi tim evakuasi KBRI Kairo juga terus bolak-balik dengan harapan sewaktu-waktu pintu dibuka dan evakuasi dapat dilakukan sekali lagi hanya ada satu kata yang dapat diucapkan Alhamdulillah," katanya.

Retno menegaskan, dengan sudah keluarga Pak Husen dari Gaza maka dua keluarga Indonesia sudah berada di luar Gaza dan menyisakan tiga WNI yang tinggal di sekitar rumah sakit Indonesia.

"Sampai saat ini beliau bertiga memutuskan untuk tetap tinggal di Gaza, Kementerian Luar Negeri terus melakukan komunikasi dengan ketiga warga Indonesia tersebut dan juga dengan perwakilan Mercy di Jakarta untuk memastikan kondisi mereka dalam keadaan baik," katanya. (*)

Editor : Milna Miana
Bagikan

Berita Terkait
Terkini