Elektabilitas Pilpres AS Bersaing Tipis, Trump Menang?

×

Elektabilitas Pilpres AS Bersaing Tipis, Trump Menang?

Bagikan berita
Kemala Harris dan Donald Trump (foto: Ideogram AI)
Kemala Harris dan Donald Trump (foto: Ideogram AI)

KLIKKORAN - Elektabilitas suara Donald Trump dan Kemala Harris terus bersaing, dengan perbedaan angka tipis tipis menuju Pilpres AS.

Seperti yang diketahui, bahwa Pilpres AS 2024 akan digelar pada November mendatang dan Presiden AS saat ini, Joe Biden dipastikan tidak bergabung karena alasan kesehatan.

Namun, Biden memberi dukungan penuh agar wakilnya Harris maju. Berbeda dengan Trump, yang merupakan salah satu saingan Harris.

Bagaimana tidak, Harris dalam keterangannya saja mengecam tindakan Israel terhadap Palestina. Sementara, Trump telah lama bersahabat dengan Israel.

Bahkan pada pertemuan terbaru antara Perdana Menteri Israel dengan Trump, juga membahas komentar Harris yang dinilai ‘tidak menghormati Israel’ pada 26 Juli 2024 lalu.

Elektabilitas Trump vs Harris

Melansir publikasi berita economist, YouGov sementara ini mengeluarkan hasil dengan rating Harris pada 41% dan Trump pada 44% sejalan dengan New York Times yaitu Harris 47% dan Trump 48%.

Artinya, hasil elektabilitas sementara suara mereka bersaing tipis dan Trump memiliki nilai lebih tinggi sedikit dari Harris. Padahal, Harris cukup banyak dapat dukungan dari berbagai pihak.

Apalagi, sejak menyuarakan isu Palestina. Tidak hanya itu, sejumlah percetakan di AS banjir orderan kampanye Harris dengan spekulasi kebanyakan warga lokal sepakat memilih Harris lagi.

Selain itu, rekam jejak Trump yang buruk selama jadi Presiden AS sebelum Biden juga jadi pertimbangan. Tidak hanya warga sipil, Obama mantan Presiden AS saja tidak mendukung Trump untuk mencalon kembali.

Bagaimana pun, mari tunggu saja hasil akhir sebagai penentu kebijakan nanti pada November 2024. Agar lebih jelasnya, berikut urutan timeline Pilpres AS mengutip dari publikasi portal The economist.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini