Sepak Terjang Thom Haye Sebagai Pencetak Peluang Terbanyak 2023, Akan Naturalisasi?

×

Sepak Terjang Thom Haye Sebagai Pencetak Peluang Terbanyak 2023, Akan Naturalisasi?

Bagikan berita
Pemain Sepakbola Thom Haye asal Belanda yang ingin di-Naturalisasi jadi Timnas (foto: Instagram)
Pemain Sepakbola Thom Haye asal Belanda yang ingin di-Naturalisasi jadi Timnas (foto: Instagram)

Kapan Thom Haye Akan di-Naturalisasi sebagai Timnas Indonesia?

Thom Heye (foto: Instagram)
Thom Heye (foto: Instagram)

Melansir publikasi artikel Bola Sport, Ronny Pangemanan selaku pengamat sepak bola nasional dalam video Youtube nya mengaku bahwa percepatan Naturalisasi Thom Haye bisa berbarengan dengan Ragnar Oratmangoen.

Menurutnya, Erick Thohir selaku ketum PSSI memang sudah menyiapkan beberapa pemain lain untuk di-Naturalisasi juga. "Kami masih menunggu juga Thom Haye karena dia gelandang bertahan dan sepertinya juga ingin," tulis Menteri BUMN tersebut pada Instagram pribadinya pada 16 Desember 2023 lalu.

Selain itu, Shin Tae Yong selaku mantan pemain sepak bola di Korea Selatan yang kini jadi pelatih timnas Indonesia juga mengatakan hal serupa. "Pemain-pemain itu ada darah Indonesia. Kalau bisa membentuk skuad tim lebih baik, kenapa enggak?" ujarnya mengutip Bolasport.

"Kita harus bekerja sama dan berusaha sama-sama, apalagi punya darah Indonesia. Proyek yang sedang dijalani Erick Thohir ini memiliki tujuan baik demi masa depan Indonesia," jelasnya pada sebuah keterangan.

Sebelumnya, Thom Haye sendiri juga cukup senang dengan sambutan warga Indonesia terkait dirinya yang juga memiliki garis keturunan sama. Bahkan, ia menyambut baik saat menjawab pertanyaan tentang isu Naturalisasi dirinya sebagai pemain Belanda yang akan memperkuat timnas Indonesia.

Tanggapan Thom Haye Jika di-Naturalisasi

Thom Heye (foto: Instagram)
Thom Heye (foto: Instagram)

Menurutnya pada sebuah wawancara melansir publikasi TV One, bahwa menjadi bagian dari skuat Garuda tersebut merupakan sesuatu yang sangat bagus.

Namun, Thom Haye belum memiliki pasport Indonesia dan ketika ditanyakan hal demikian, ia cukup senang untuk menyusul naturalisasi ke Indonesia.

"Saya pikir Anda juga harus menyesuaikan diri (jika terjadi naturalisasi) tapi hal tersebut merupakan sesuatu yang bagus," ungkap Thom Haye pada sebuah keterangan wawancara.

Sekedar informasi, sepertinya jika ada pemain sepakbola dari negara mana pun yang ingin mendukung Indonesia, akan di naturalisasi oleh PSSI dan kemudian baru menentukan tim permainan mereka.

Terbaru, naturalisasi menjadi timnas Indonesia sedang dilakukan PSSI kepada Ragnar Oratmangoen, Jay Idzez, dan Nathan Tjoe-A-On hingga Justin Hubner. Bahkan, Irfan Bachdim dan Ezra Walian sebelumnya juga pernah berkarir di Belanda hingga sempat perkuat Skuat Garuda.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini