Gempa M 6,9 Melanda Tanimbar Maluku, BNPB: Tidak Ada Kerusakan

×

Gempa M 6,9 Melanda Tanimbar Maluku, BNPB: Tidak Ada Kerusakan

Bagikan berita
Ilustrasi Gempa Bumi (Getty Images/iStockphoto/Petrovich9)
Ilustrasi Gempa Bumi (Getty Images/iStockphoto/Petrovich9)

KLIKKORAN.COM - Kabupaten Tanimbar, Maluku mengalami beberapa gempa. Tercatat pada (8/11/2023) pukul 11.52 gempa dengan M 7,2 SR. Pemutakhiran data Gempa Bumi M 7,2 dengan kedalaman 10 KM, menjadi M 6,9 dengan kedalaman 14 km.

Laporan Pusdalops BPBD Kabupaten Tanimbar gempa dirasakan Sedang - lemah selama sekitar 3 menit di Kab. Kep. Tanimbar. Gempa dirasakan dengan skala IV-V MMI di wilayah Saumlaki - Kep. Tanimbar.

Gempa dirasakan dengan skala IV MMI di wilayah Kepulauan Banda. Gempa dirasakan lemah wilayah Kec. Wetang di Kab. Maluku Barat Daya. Sebagian masyarakat merasakan getaran gempa, namun tidak ada kepanikan. Situasi aman dan kondusif.

Sementara itu laporan dari Kepala Bidang Darurat Logistik BPBD Kab Tanimbar Saumlaki, melalui sambungan telepon, dari hasil pantauan kami di kota dan desa sekitar Saumlaki, tidak ada dampak kerusakan akibat gempa, Sedangkan di kecamatan dan desa belum ada laporan akibat dampak gempa.

“Upaya penanganan gempa BPBD Kab. Kep. Tanimbar melakukan monitoring dampak dari gempa tersebut dan koordinasi dengan BMKG. Kami bersama BMKG selalu mengupdate info tiap kejadian gempa susulan," ujar Saumlaki.

"Kami juga selalu berkoordinasi dengan para Camat untuk menghimbau kepada masyarakat melalui para Kades / Lurah, agar tidak panik, tidak mudah percaya pada info yang tidak resmi, dan selalu melaporkan setiap kejadian dan dampak yang terjadi baik korban maupun kerusakan akibat gempa."

"Mengingat kami daerah kepulauan yg juga berjauhan kadang jaringan komunikasi juga terbatas, apabila ada kejadian dan/atau laporan yg agak terlambat, akan kami sampaikan lebih lanjut," lanjut Saumlaki

Berdasarkan info dari laman website Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa di Tanimbar pada (8/11) terjadi 3 kali.

Gempa pertama dengan M 6.8 terjadi pukul 20:02:07 WIB di Barat Laut Tanimbar. Selanjutnya gempa kedua dengan M 5.3 pukul 20:21:05 WIB dan gempa ketiga dengan M 5.1 pukul 21:47:38 WIB.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap potensi gempabumi susulan. Pastikan tidak ada barang-barang besar seperti lemari, kulkas, meja dan lain-lain yang bisa menghalangi proses evakuasi keluar rumah saat terjadi gempa.

Editor : Saridal Maijar
Bagikan

Berita Terkait
Terkini