BNPB Siapkan Langkah Mitigasi Bencana Dukung Penyelenggaraan Sail Teluk Cenderawasih

×

BNPB Siapkan Langkah Mitigasi Bencana Dukung Penyelenggaraan Sail Teluk Cenderawasih

Bagikan berita
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, S. Sos., M.M. (Foto: Humas BNPB)
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, S. Sos., M.M. (Foto: Humas BNPB)

KLIKKORAN.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) turut terlibat dalam Panitia Nasional Penyelenggara Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023 yang akan dihelat di Kabupaten Biak Numfor, Papua yang direncanakan berlangsung pada akhir November ini.

Hal itu dituangkan dalam Keputusan Menko Marvest No. 33 Tahun 2023, di mana Kepala BNPB bertugas sebagai Anggota Pengarah STC 2023. Sementara itu Direktur Sistem Penanggulangan Bencana BNPB sebagai Anggota Bidang Pengamanan, Keselamatan dan Kesiapsiagaan Bencana.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, S. Sos., M.M. saat menghadiri Rapat Koordinasi Tingkat Menteri membahas Persiapan Penyelenggaraan Sail Teluk Cendrawasih Tahun 2023 di Kantor Kementerian Investasi, Jakarta pada Rabu (11/8) memaparkan, sesuai tugas dan fungsinya, BNPB terlibat pada pengamanan baik sebelum acara dan saat acara berlangsung.

“Sesuai tupoksi, bencana termasuk dalam pengamanan acara, harapannya jangan sampai bencana terjadi saat acara berlangsung,” kata Suharyanto.

Suharyanto mengungkapkan berdasarkan sejarahnya pernah terjadi gempa yang mengakibatkan tsunami di sekitar Teluk Cenderawasih pada tahun 1996.

“Biak dan sekitarnya punya pengalaman kurang baik, kita masih ingat tahun 1996 terjadi gempa sampai Magnitudo 8,2, korbannya cukup banyak. Meskipun ini sudah berlalu, tapi kita sepakat bahwa bencana ini kejadian yang berulang,” ungkap Suharyanto.

Untuk mendukung penyelenggaran STC 2023 BNPB telah meningkatkan kapasitas dan sebagai langkah mitigasi hadapi bencana bagi masyarakat dan pihak yang berkaitan dengan penyelenggaraan tersebut.

“Kami melaksanakan beberapa langkah, sudah melaksanakan sosialisasi kajian risiko bencana ke Kabupaten Biak dan sekitarnya. Selanjutnya akan segera melaksanakan latian gladi posko, simulasi evakuasi bencana dan kesiapsiagaan,” tuturnya.

“Kemudian kami akan melaksanakan pendirian posko. Ini kami laksanakan sebagaimana kita laksanakan setiap acara-acara besar,” lanjut Suharyanto.

Dengan sudah adanya Surat Keputusan Darurat dari pemerintah daerah setempat, Suharyanto mengaskan BNPB dapat mengerahkan amunisi kebencanaan guna mendukung kegiatan ini.

Editor : Saridal Maijar
Bagikan

Berita Terkait
Terkini